Diet yang Tepat untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Salah satu kewajiban bagi penderita diabetes adalah mengatur pola makan. Karena saat salah memilih makanan, apalagi yang kandungan gulanya tinggi, akan membuat penyakit semakin parah. Nah, khusus pada ulasan kali ini, kita akan membahas tentang diet diabetes untuk penderita diabetes tipe 2.

Apa itu Diabetes Tipe 2?

Sebelum membahas diet untuk diabetes tipe 2, mari kenali dulu apa itu diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi di mana insulin yang diproduksi oleh pankreas tidak dapat berfungsi dengan baik atau pankreas tidak menghasilkan cukup insulin. Akibatnya, kadar gula darah dalam tubuh terus meningkat.

Sejauh ini, belum ada obat diabetes yang benar-benar dapat menyembuhkan diabetes tipe 2. Menjaga berat badan ideal sangat di anjurkan bagi penderita diabetes, serta jangn lupa untuk berolahraga yang teratur dan mengatur pola makan agar bisa menjaga kadar gula darah. Tak jarang, gaya hidup sehat juga dipadukan dengan konsumsi obat-obatan atau menjalani terapi insulin.

Diet Diabetes yang Tepat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengatur pola makan merupakan salah satu kunci bagi penderita diabetes tipe 2 untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuhnya. Karena itu sebaiknya jangan asal makan saja, terutama yang mengandung gula tinggi. Bagi penderita diabetes, berikut adalah pola makan yang dianjurkan untuk diikuti secara teratur.

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Nutrisi yang dibutuhkan sangat banyak, sehingga untuk memenuhi kebutuhan yang beragam tersebut sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang beragam. Konsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan, karena makanan tersebut kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Konsumsi Makanan Kaya Lemak Sehat

Makan makanan yang kaya akan lemak sehat, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, sangat dianjurkan bagi penderita diabetes tipe 2. Karena mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal bisa didapat dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, dan minyak canola. Hal ini sangat penting untuk diet diabetes. Sedangkan untuk lemak tak jenuh ganda, bisa didapat dari minyak ikan, seperti salmon dan makarel, biji bunga matahari, minyak kedelai, minyak jagung, dan biji rami.

Konsumsi Makanan Kaya Protein

Mengkonsumsi protein akan memberikan asupan energi bagi tubuh, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Konsumsi makanan yang rendah lemak seperti tahu, kacang-kacangan, ayam tanpa kulit, dan kacang-kacangan.

Diet Diabetes yang Harus Dihindari

Cerdas dalam memilih makanan merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh penderita diabetes tipe 2. Dengan cara ini, diet diabetes yang sehat dapat dilakukan. Pasalnya, memilih makanan yang salah akan sangat mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Agar tidak salah dalam memilih, perhatikan jenis makanan yang dilarang oleh penderita diabetes tipe 2 di bawah ini.

Makanan Tinggi Kolesterol

Bagi orang sehat, kolesterol sudah menjadi momok yang menakutkan, terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang kaya akan kolesterol. Makanan yang tinggi kolesterol termasuk kuning telur, susu tinggi lemak dan produk susu tinggi lemak, dan daging merah.

Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Kebalikan dari lemak tak jenuh atau lemak sehat, hindari konsumsi lemak jenuh sebisa mungkin untuk menjaga pola makan diabetes. Lemak jenuh ini terkandung dalam minyak kelapa sawit, minyak kelapa, daging merah, kulit ayam, dan produk susu atau produk susu yang tinggi lemak. Anda bisa menghindari lemak jenuh tersebut, misalnya dengan menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak sawit.

Makanan Tinggi Lemak Trans

Seperti lemak jenuh, lemak trans juga harus dihindari untuk menjaga kestabilan kadar gula darah di dalam tubuh. Beberapa bahan makanan yang mengandung lemak trans seperti shortening atau mentega putih, dan minyak terhidrogenasi. Minyak terhidrogenasi adalah produk minyak nabati yang telah ditambahkan dengan gas hidrogen untuk menjenuhkannya.

Makanan Tinggi Pemanis Buatan

Memang menggoda untuk dicicipi, namun makanan yang kaya akan pemanis buatan tidak dianjurkan untuk penderita diabetes tipe 2. Makanan atau minuman yang kaya akan pemanis buatan seperti permen, soda atau minuman ringan, dan sirup. Aspartam, sucralose, dan sakarin adalah beberapa pemanis buatan ini.

Pola makan penderita diabetes tentunya harus dijaga dengan sebaik-baiknya, karena makan sedikit saja dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Selain mengatur pola makan, konsumsi obat gula secara teratur juga akan membantu menstabilkan gula darah.